Thursday, June 9, 2016

Menikmati Aneka Tempura Di Rumah, Bisa Kok!

Selain ayam goreng, anak-anak saya suka sekali makan udang goreng. Biasanya, udang saya oleh dengan digoreng memakai tepung. Tepung yang saya pakai biasanya tepung apa saja yang ada di rumah, tepung serbaguna instan atau tepung terigu yang dicampur dengan berbagai bumbu.

Tempura adalah jenis makanan yang baru saya dengar beberapa tahun ini setelah berbagai restoran asal Jepang menajmur di Indonesia. Menurut Wikipedia, tempura bukan dari Jepang. Awal mula makanan yang dicelup ke tepung berasal dperkenalkan oleh misionaris Katolik pada abad ke-16. Kata “tempura” berasal dari kebiasaan misionaris Portugis memakan makanan laut pada masa pra paskah. Dalam bahasa Portugis, temporas berarti masa suci dan tempera berarti bumbu dapur. Di zama Edo, tempura merupakan makanan rakyat yang dikenal murah di Jepang. namun tempura yang digoreng dengan minyak mahal seperti minyak wijen merupakan sajian mahal di restoran di Jepang.



Tempura adalah berbagai makanan yang dibalut tepung tempura, biasanya berupa sayuran, udang, dan sebagainya. Tepung tempura sendiri merupakan campuran tepung terigu, telur, dan air dingin. Sekarang sudaha banyak tepung tempura yang sudah jadi dijual di pasaran sehingga lebih praktis, tinggal tambah air dingin saja lalu bisa dipakai membuat aneka tempura. Gak perlu datang ke restoran Jepang yang biasanya harga aneka tempura lebih mahal.

Pada hari kamis, 2 Juni 2016, saya mengikuti cooking class di Sriboga Customer Centre di Plaza Bisnis Kemang, Jakarta, yang dipandu oleh Chef Citra. Salah satu menu yang dimasak adalah tempura sayuran dan udang. Bahan-bahan memasak sudah disediakan oleh Sriboga sehingga kami tinggal praktek. Berikut adalah bahan-bahan dan cara memasak aneka tempura ala Sriboga.

sriboga easymix
Chef Citra
 Bahan-bahan:
  • 10 buah udang ukuran sedang
  • 200 gram terong ungu, iris
  • 250 gram brokoli, potong per kuntum
  • 800 ml minyak goreng
Bahan batter:
Cara membuat:
  1. Campur bahan batter hingga tercampur rata dengan menggunakan balloon whisk
  2. Bersihkan udang dan buang kotoran di dalamnya.
  3. Luruskan udang. Chef Citra memberitahu cara meluruskan dengan menyayat-nyayat udang terlebih dulu secara menyerong dari ujung ke ujung, lalu dibalik dan luruskan udang dengan agak ditekan.
    sriboga easymix
    Peserta cooking class praktek meluruskan udang
  4. Gulingkan semua bahan sayuran dan udang ke tepung EasyMix Sriboga Japanese Tempura kering, lalu celupkan ke adonan basah.
  5. Goreng semua sayuran dan udang yang sudah dicelupkan ke minyak dengan suhu 170 derajat sampai  matang. Cara menggoreng udang tempura ada teknik tersendiri. Udang jangan langsung dicemplungkan ke minyak. Namun setelah ujungnya menyentuh minyak, tahan dulu dan goyang-goyangkan ke kiri dan kanan atau atas bawah beberapa kali, baru lepas ke dalam minyak (lihat video).
  6. Tiriskan tempura dengan kitchen paper.
Tempuranya udah jadi deh. Pas saya cobain, sayuran dan tepungnya lembut serta rasanya  pas karena tak mengandung MSG. Warna tepung tempura setelah digoreng putih kekuningan. Sayang, saya gak sempat cobain tempura udangnya karena harus bersiap memasak untuk menu selanjutnya. Tapi kata partner memasak saya, Leyla, udang tempuranya juga enak dan lembut. 

Sriboga Easymix japanese Tempura
Tempura sayuran dan udang menggunakan Sriboga Easymix japanese Tempura

Tepung Sriboga EasyMix Japanese Tempura juga halal, jadi tenang deh buat orang muslim yang mau membuat tempura di rumah. Soalnya kalau ke restoran Jepang, kan belum tau halal tidaknya kecuali sudah berertifikasi halal.

Tempura sayuran juga bisa jadi solusi buat anak yang gak suka makan sayur. Sayurnya bisa disembunyiin di dalam tepung. Saya juga kadang-kadang membuatnya di rumah untuk camilan anak, misalnya brokoli goreng tepung. Tapi belum pernah kalau gorengnya pakai tepung tempura. Mau juga nih kapan-kapan bikin aneka tempura menggunakan Sriboga EasyMix Japanese Tempura seperti yang dimasak di cooking class. Gak perlu ke restoran Jepnag, menikmati aneka tempura di rumah ternyata bisa kok! 

sumber: fanspage Sriboga EasyMix

Sumber referensi tulisan: https://id.wikipedia.org/wiki/Tempura

11 comments:

  1. Nah, ini yang saya cari dari dulu. Resep tempura udang yang homemade. Kebetulan saya dan keluarga suka banget makan tempura, mbak. Biasanya sih beli tempura ikan tapi kok kerasa banyak bahan pengawetnya ya. :( terima kasih mbak Kania sudah berbagi resep.

    ReplyDelete
  2. Wah aku harus tau tekninya teh
    Soalnya pingin banget bisa bikin tempura yangbkayak di resto2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya juga barau tau teknik meluruskan dan menggoreng udang tempura

      Delete
  3. Wahhh jd pengen bikin. Tepungnya beli dimana ya mbak?

    ReplyDelete
  4. Wah pas banget buat camilan buka puasa ya mbak :D

    ReplyDelete
  5. saya klo goreng udang tepung, biasa aja .. nggak ngeh namanya "tempura" haha. Ngegorengnya juga langsung "plung" ke dalam minyak.

    ooo ternyata ada tehniknya .. setelah ujung udang menyentuh minyak, jangan langsung cemplung semua, tapi ... ahaaa "digoyang-goyang dulu" asyiiiiik nih.

    Pengaruhnya kira2 apa mbak Kania?

    Apa yg ngegoreng juga ikutan goyang ...hihihi.
    kudu dicoba nih. Terimakasih resep & tipsnya, mantab !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, biar tempuranya mengembang sempurna :)

      Delete
  6. Bedanya tempura dengan gorengan apa ya bu?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...