Monday, March 30, 2015

Bola-bola Ubi Isi Mentega

Suka gemeeees kalau lihat makanan tak tersentuh. Jadi pengen dihabisin, eh. Seperti weekend kemarin. Biasanya kalau weekend saya suka sediain cemilan apa saja yang sederhana. Semua penghuni rumah yang kerja dan sekolah kan libur. Kalau nggak kemana-mana, pasti kerjaannya main dan ngemil.

Namanya juga koki amatir, saya biasanya sediakan cemilan yang praktis aja. Misalnya ubi panggang. Praktis banget kan. Tinggal beli ubi di tukang sayur depan rumah, cuci bersih kulitnya, dan panggang di pan dengan api kecil sampai matang. Mmm...yummy banget dah menurut saya mah. Apalagi kalau hangat-hangat. Mengingatkan masa kecil saat ubi dipanggang dengan arang. Yang hangusnya itu yang uennnaaak.


kemarin-kemarin itu saya buat ubi panggang kebetulannya kok nggak habis. Mungkin orang rumah sudah pada bosan. Seperti biasa, yuk putar otak untuk diolah. Kali ini ubi panggang sisa saya buat bola-bola ubi isi mentega. Resep ini terinspirasi dari resepnya bola-bola ubinya mbak siswaty di dapurmasak.com.

 Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 4 ubi merah panggang/rebus ukuran kecil
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Mentega secukupnya

Cara membuatnya:

1. Haluskan ubi panggang/rebus. Setelah halus, campurkan adonan ubi dengan tepung terigu


2. Tambahkan sedikit garam ke adonan
 

3. Tambahkan gula pasir
 

4. Ambil sesendok adonan, pipihkan, dan isi dengan mentega dan gula. Tutup lagi dan bentuk bulat-bulat seperti bola sampai semua adonan habis.
 

5. Goreng adonan di api sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan.  


6. Bola-bola ubi isi mentega siap disajikan
 

Rasanya? Rasanya jelas seperti ubi, hehe. Hanya saja ada kejutan di dalamnya, yaitu lelehan mentega manis. Oh ya, dulu juga pernah buat bola-bola ubi isi gula merah dan pakai tepung sagu sebagai campuran ubinya. Menurut saya, kalau pakai tepung sagu jadi cepat lemes dan berminyak bola-bola ubinya. Lain hal jika pakai tepung terigu sebagai campuran adonan. Bola-bola ubi tidak terlalu berminyak dan tidak cepat kempis.  

Selamat mencoba!

12 comments:

  1. wah..enak ada kejutannya, jadi kalau digigit..nyess ada lelehan mentega manis..yummy deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak aja mba bikinan sendiri mah, apalagi dimasakin sama jago masak kaya mba Monica hihi

      Delete
  2. mb pengeennn kayak cilembu gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...dulu kalo mudik suka liat di jalan ubi cilembu tapi tak pernah beli :D

      Delete
  3. eunak nih resep, dan mudah (ituyang saya suka). pengen coba ah sensasi lelehan menteganya..

    ReplyDelete
  4. kreatif mbak! :jempol:
    jadi berasa laper nih :-D

    ReplyDelete
  5. enak buat camilan sore, teman minum teh :)

    ReplyDelete
  6. Dulu Mama ku pernah bikin ini Mbak, waktu aku kecil. Enak banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata malah di rumah mba Beby udah melegenda ya

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...