Monday, December 19, 2022

Sate Rembiga Ala Festival jajanan Bango

 Assalaamualaikum,

Anak-anak sudah mulai libur sekolah, biasanya dapur selalu ngebul jika banyak menghabiskan waktu liburan di rumah Ada yang sama kah? 

Tempo hari saya membuat masakan spesial buat anak-anak yang lagi menghabiskan liburan di rumah. Yaitu membuat Sate Rembiga. Kenapa spesial? Karena memang jarang banget sih makan daging sapi. Biasanya hanya hari raya saja kami menghidangkan daging sapi.

Sate Rembiga ini adalah salah satu masakan khas Lombok dan merupakan salah satu kuliner nusantara yang diangkat dalam Festival Jajanan Bango. Berikut saya share resep asli Sate Rembiga dari website bango.id.

Bahan-bahan:

  • 250 gr daing sapi has dalam atau pipi
  • 100 ml saus rembida
  • 2 gr garam
  • Tusuk sate
Bahan saus rembiga:
  • 100 gr bawang putih
  • 50 ml kecap manis bango
  • 8 gr terasi lombok
  • 100 gr cabe merah
  • 50 gr cabe merah keriting
  • 50 ml minyak goreng
  • 100 ml air
(Untuk bawang putih saya kurangi sesuai selera, cabe juga saya kurangi biar tak terlalu pedas)

sate rembiga


Cara membuat sate Rembiga


Pertama-tama, masak terlebih dulu saus rembiga. Cara memasaknya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bisa dengan menghaluskan dulu bahan saus rembiga, kemudian dimasak selama 20 menit sampai kental. Atau, bisa dengna menumis terlebih dulu bawang putihnya lalu menambahkan bahan lain dan masak sampai mengental baru dihaluskan.

Kemudian, potong-potong daging sapi sesuai selera. Jangan lupa, jika ingin daging empuk bisa dibungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya atau dibalur dengan parutan nanas. Ambil 2 sendok saus rembiga yang sudah matang dan tuangkan ke potongan daging, lalu biarkan dimarinasi selama beberapa saat.

Taruh sisa saus di piring dan balurkan daging yang sudah ditusuk ke sisa saus kemudian bakar sampai setengah matang. Olesi lagi gading sapi dengan saus rembiga lalu bakar kembali sampai matang. jangan lupa untuk dibalik dan lakukan hal yang sama dengan sisi satunya.

Setelah matang, hidangkan Sate Rembiga bersama sisa sausnya sebagai kuah. Sate Rembiga biasanya dihidangkan dengan lontong. Tapi berhubung karena sedang tidak ada lontong, makan sate Rembiga dengan nasi hangat pun nikmat kok.

Oh ya, Komunitas Emak Blogger bekerjasama dengan Bango sedang mengadakan Instagram Reels Competition dengan tema "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris Ala FJB di rumahmu". Yuk ikutan juga, siapa tahu kita jadi salah satu pemenangnya memenangkan peralatan masak senilai jutaan rupiah. Masih ada waktu waktu sampai 23 Desember, cek instagram @emak2blogger untuk infromasi lengkapnya!




Wednesday, December 7, 2022

Tumis Ati Ayam

Ayam adlaah salah satu menu favorit di rumah. Biasanya masak ayam bergonta-ganti menu, kadan digoreng, dibuat opr atau gulai, dibuat semur, dipanggang, dan sebagainya. Tapi biar gak bosen, sesekali masaka bagian lain dari ayam yaitu ati ayam. Tanpa ampela ya, karena kurang suka rasanya yang kenyal serhingga susah untuk dikunyah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram ati ayam
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawagn putih
  • Kunyit secukupnya
  • 3 buah cabe merah
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Rebus ati ayam sampai empuk, lalu potong-potong sesuai selera dan goreng setengah matang.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan cabe merah, lalu tumis sampai harum.
  3. Masukkan ati ayam dan aduk.
  4. Tambahkan bumbu lain yaitu kecap manis, saus tiram, gula pasir dan garam.
  5. Masak sampai matang.
tumis ati ayam


Thursday, November 17, 2022

Tumis Ikan Teri

Ikan teri biasanya dimasak apa? dibumbu balado, digoreng, ditumis, atau sebagai toping? Kali mau masak Tumis Ikan Teri. Kebetulan tadi pagi lihat short Youtube resep tumis ikan teri, jadi terinspirasi masak resep yang sama. Kebetulan ada stok ikan teri asin di kulkas, oleh-oleh dari Cirebon waktu lalu.

Yuk ah, simak resepnya ya.

Bahan-bahan:

  • 2 genggam ikan teri
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 buah tomat
  • Gula pasir seckupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Goreng ikan teri sampai matang lalu sisihkan
  2. Iris bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat lalu tumis sampai layu dan harum.
  3. Masukkan ikan teri yang sudah digoreng lalu aduk
  4. Tambahkan gla pasir dan garam secukupnya
  5. Masak sebentar sampai matang dan sajikan
Gampang banget kan membuatnya, dan yang pasti resep ini bisa bikin nambah makan!




Sunday, September 25, 2022

Resep Sosis Gulung Mi

 Sudah lama tidak membuat snack sendiri untuk bekal anak sekolah. Salah satunya sosis gulung mi. Akhirnya bikin deh, pas bahannya ada. Anaknya seneng bangett. Siapa sih anak yang gak suka sosis dan mi. Kebanyakan anak pasti suka ya.

Resepnya gampang aja, semua orang pasti suka. Walau sedikit ribet karena harus menggulung mi ke sosis, tapi semua terbayar saar anak senang.

Bahan:

  • 1 bungkus mi instan
  • Sosis secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Rebus mi dan tiriskan
  2. Belahb-elah ujung sosis, agar saat digoreng jadi mekar seperti bunga
  3. Gulung mie ke sosis 
  4. Segera goreng di minyak panas sampai kecokelatan
Oh ya, bisa juga membuat banyak untuk stok tinggal goreng. Simpan di wadah dan taruh di freezer atau kulkas bawah. Selamat mencoba!

sosis gulung mi


Monday, July 25, 2022

Resep Sayur Asem Kacang Merah

Ini salah satu menu pavorit nih, bisa nambah berkali-kali kalau makan nasi dengan ditemani menu yang ini. Awalnya sih aneh waktu dimasakin ibu saya masakan ini. Kok kacang merah dibumbui asem sih. Tapi kok ternyata enak juga ya. Dan ketika jauh dari rumah, entah kenapa malah rindu masakan ibu yang satu ini.

Ternyata bikin Sayur Asem Kacang mErah gampang banget, gak pake ngulek dan tinggal cempalng cemplung bumbunya, Ini resep Sayur Asem Kacang Merah ala saya, tapi tanpa daging tetelan ya karena biar ngirit, hehe.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus kacang merah (250 gram)
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah cabe merah (kalau mau pedas tinggal tambahkan)
  • 1 buah daun bawang
  • 1/2 sdt terasi
  • 1 sdt gula merah
  • Garam secukupnya/kaldu ayam instan
  • 1 sdt asam jawa
Cara membuat;
  1. Rendam kacang merah seharian
  2. Rebus kacang merah menggunakan panci presto biar cepat matang dan empuk
  3. Tambah irisan bawang merah, cabe merah, daun bawang ke dalam rebusan kacang.
  4. Masukkan juga gula merah, garam atau kaldu, terasi, asam jawa
  5. Masak sampai semua bumbu tercampur rata dan masakan matang.
Mudah banget kan, semua bumbu dan bahan tinggal cemplung saja. Kalau saya suka banget, bikin nambah makan. Dan enak banget kalau makan nasi dan Sayur Asem Kacang merah plus smbal terasi dan kerupuk bawang. Cobain deh!

sayur asem kacang merah



\

Thursday, July 14, 2022

Roti Gulung Cokelat

 Masak bareng anak adalah salah satu kegiatan yang kadang-kadang kami lakukan agar anak ada aktivitas selain memegang gadget di rumah. Beberapa waktu lalu kami masak bareng, menu yang sangat sederhana saja berupa cemilan yang disukai anak yaitu Roti Gulung Cokelat.

Monday, May 23, 2022

Pizza Daging Cincang Tanpa Oven

 

Pizza lagiii. Yup, karena pizza adalah cemilan kesukaan anak-anak. Membeli tentu lebih mudah dan lebih praktis juga lebih enak. Tapi tak mungkin membeli pizza setiap hari. Jadi, ketika ada kesempatan dan bahan-bahan, jadi tantangan untuk membuat pizza sendiri, apalagi tanpa oven.

Kali ini mencoba membuat pizza dengan melihat resep di website favorit yaitu Cookpad. Kebetulan ada daging sapi cincang, jadi kita membuat pizza isi daging cincang. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan:


pizza daging cincang

·       20 sdm tepung terigu (tidak muncung dan tidak juga terlalu sedikit)

·       3 sdm minyak goreng

·       Garam secukupnya

·       125 ml air hangat untuk membuat biang

·       1 sdt ragi instan’

·       1 sdt gula pasir

·       MInyak goreng untuk menumis toping daging cincang dan mengoles cetakan pizza

·       3 siung bawang putih

·       3 sdm saus tomat

·       Air matang secukupnya

·       Saus tomat secukupnya

·       Gula pasir secukupnya

·       Garam secukupnya

·       Keju mozzarella secukupnya

Cara membuat:

1.      Buat biang terlebih dulu dengan mencampur air hangat, ragi dan gula pasir. Diamkan sampai berbusa, sekitar 5-10 menit

2.      Di wadah lain, tuangkan terigu, garam dan minyak. Lalu tuangkan air ragi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.

3.      Diamkan adona pizza selama 30-60 menit sampai mengembang.

4.      Sambil menunggu adonan pizza, buat topingnya. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging cincang, saus tomat, dan air secukupnya. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Masak sampai matang dan air menyusut.

5.      Siapkan pengukus sebagai pengganti oven. Kalau ada oven atau Teflon silahkan dipakai. Nyalakan api kecil.

6.      Olesi cetakan pizza dengan minyak. Setelah adonan mengembang, taruh adonan pizza di cetakan dan ratakan, lalu tekan-tekan menggunakan garpu.

7.      Beri saus tomat dan toping daging cincang, lalu taburi keju mozzarella.

8.      Masak pizza menggunakan pengukus tanpa air dengan api kecil selama 20-30 menit. Jangan lupa tusuk garpu adonannya, jika tidak lengket berarti pizza sudah matang.

Selamat mencoba!

pizza daging cincang


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...