Monday, May 23, 2022

Pizza Daging Cincang Tanpa Oven

 

Pizza lagiii. Yup, karena pizza adalah cemilan kesukaan anak-anak. Membeli tentu lebih mudah dan lebih praktis juga lebih enak. Tapi tak mungkin membeli pizza setiap hari. Jadi, ketika ada kesempatan dan bahan-bahan, jadi tantangan untuk membuat pizza sendiri, apalagi tanpa oven.

Kali ini mencoba membuat pizza dengan melihat resep di website favorit yaitu Cookpad. Kebetulan ada daging sapi cincang, jadi kita membuat pizza isi daging cincang. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan:


pizza daging cincang

·       20 sdm tepung terigu (tidak muncung dan tidak juga terlalu sedikit)

·       3 sdm minyak goreng

·       Garam secukupnya

·       125 ml air hangat untuk membuat biang

·       1 sdt ragi instan’

·       1 sdt gula pasir

·       MInyak goreng untuk menumis toping daging cincang dan mengoles cetakan pizza

·       3 siung bawang putih

·       3 sdm saus tomat

·       Air matang secukupnya

·       Saus tomat secukupnya

·       Gula pasir secukupnya

·       Garam secukupnya

·       Keju mozzarella secukupnya

Cara membuat:

1.      Buat biang terlebih dulu dengan mencampur air hangat, ragi dan gula pasir. Diamkan sampai berbusa, sekitar 5-10 menit

2.      Di wadah lain, tuangkan terigu, garam dan minyak. Lalu tuangkan air ragi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.

3.      Diamkan adona pizza selama 30-60 menit sampai mengembang.

4.      Sambil menunggu adonan pizza, buat topingnya. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging cincang, saus tomat, dan air secukupnya. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Masak sampai matang dan air menyusut.

5.      Siapkan pengukus sebagai pengganti oven. Kalau ada oven atau Teflon silahkan dipakai. Nyalakan api kecil.

6.      Olesi cetakan pizza dengan minyak. Setelah adonan mengembang, taruh adonan pizza di cetakan dan ratakan, lalu tekan-tekan menggunakan garpu.

7.      Beri saus tomat dan toping daging cincang, lalu taburi keju mozzarella.

8.      Masak pizza menggunakan pengukus tanpa air dengan api kecil selama 20-30 menit. Jangan lupa tusuk garpu adonannya, jika tidak lengket berarti pizza sudah matang.

Selamat mencoba!

pizza daging cincang


Wednesday, April 27, 2022

Opor Ayam, Menu Wajib Saat Lebaran

 

 

Lebaran tanpa memakan ketupat, rasanya kurang afdhol. Memang lebaran itu pada hakikatnya adalah perayaan kemenangan umat Islam setelah sebulan berpuasa menahan hawa nafsu, dan kemudian berharap diri kembali bersih suci. Namun tradisi di negara kita memang demikian, menyantap makanan khas saat lebaran seperti ketupat dan teman-temannya dengan seluruh keluarga. Jadi, rasanya ada sesuatu yang hilang jika lebaran tanpa makan ketupat.

Saya tidak pernah membuat ketupat sendiri saat lebaran. Alasannya, ribet, takut salah masak dan nanti jadi malah mubazir. Selain itu biasanya saya selalu mudik saat lebaran. Jadi, tinggal menikmati ketupat dan teman-temannya di rumah orangtua.

Beberapa kali tidak mudik karena melahirkan dan pandemi, saat lebaran saya tetap tidak membuat ketupat sendiri dan memilih membeli ketupat yang sudah jadi. Tetapi, untuk urusan temannya ketupat, saya masak sendiri dong. Dan menu Opor Ayam adalah menu wajib saat lebaran yang harus selalu ada menemani si ketupat. Karena dibandingkan dengan menu dari daging sapi, jelas saja Opor Ayam bisa lebih terjangkau dari segi harga.

Ini dia resep Opor Ayam ala keluarga kami. Mungkin resepnya sama dengan resep Opor Ayam keluarga lainnya, tetapi memasak sendiri Opor Ayam untuk lebaran rasanya sangat istimewa.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran sedang.

Bumbu-bumbu:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Jahe secukupnya
  • 3 butir kemiri
  • Kunyit secukupnya jika suka kuah opornya berwarna kuning (tapi kami kadang-kadang tidak memakai kunyit, nanti jadinya kuah opornya berwarna putih)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah sereh
  • 2 buah daun jeruk
  • Lengkuas secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • 1 bungkus santan segitiga

 

resep opor ayam

Cara membuat:

  1. Blender bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit dengan ditambah sedikit air. Saya biasanya memotong-motong dulu semua bahannya dalam ukuran kecil, jadi ketika diblender akan mudah dan cepat tercampur semua.
  2. Tumis bumbu yang sudah halus sampai harum
  3. Masukkan ayam dan tambahkan air secukupnya sampai ayam terendam.
  4. Tambahkan lengkuas geprek, daun salam, daun jeruk, sereh dan bumbu lainnya yaitu garam, gula pasir, dan lada.
  5. Masukkan santan dan masak Opor Ayam dengan api sedang sampai ayam matang.

Mudah kan membuatnya? Apalagi ada bantuan teknologi blender untuk menghaluskan bumbu. Kalau membuat Opor Ayam sendiri jadi lebih bisa menghemat dibandingkan membeli. Selian itu bisa lebih sehat juga, karena kita mengerjakan prosesnya dari awal. Kita bisa memastikan kebersihan bahan-bahannya dan menakar bumbu sesuai yang dibutuhkan.

Oh ya, ini resepnya untuk setengah ekor ayam. Jadi, jika ingin memasak untuk lebih dari setengah ekor ayam, tinggal ditambahkan bumbunya sesuai keperluan. Dan jika Opor Ayam tidak habis, bisa disimpan di freezer untuk dimakan keesokan harinya. Untuk menghangatkannya bisa dengan direbus lagi tapi dengan api yang sangat kecil agar tidak merusak rasa Opor Ayam.

Untuk ayamnya, saya lebih suka ayam yang berukuran sedang-sedang saja. Saya pernah beli Opor Ayam dan jadi kurang semangat memakannya saat mendapati potongan ayamnya terlalu besar. Saya juga sebisa mungkin menggunakan ayam segar yang baru dipotong, sehingga dapat memastikan ayam disembelih sesuai anjuran agama Islam. Jika memakai ayam beku, pastikan ayam tersebut sudah halal dengan adanya logo halal di kemasannya.

Bagaimana dengan teman-teman, menu apa nih yang selalu ada di saat lebaran?

 

 

Tuesday, April 26, 2022

Es Cincau Cappucino

 Yang namanya es-esan di Bulan Ramadhan itu pasti jadi menu yang banyak diminati. Soalnya rasa segarnya bisa membuat tubuh jadi segar kembali setelah seharian berpuasa. Walaupun begitu, sebaiknya minum es saat Bulan Ramadhan jangan berlebihan, jangan setiap hari. Karena bisa membuat tenggorokan sakit dan malah akhirnya puasanya tidak maksimal.

Kali ini saya mau share resep Es Cincau Cappucino, requestnya anak saya yang melihat resep ini berseliweran di dunia maya. Baiklah, ini resep Es Cincau Cappucino yang kami buat dengan menyesuaikan bahan yang ada di rumah.

Bahan-bahan:

·       1 bungkus jelly rasa Cincau, saya pakai merek Nutrijel.

·       2 bungkus kopi rasa Cappucino, saya pakai merek Top Coffee.

·       250 ml susu full cream

·       Air panas secukupnya

·       2 sdm kental manis

·       350 ml air matang

·       Es batu secukupnya jika suka dingin

Cara membuatnya:

1.      Masak jelly dengan 700 ml air. Di petunjuknya, jelly dimasak dengan menambahkan gula pasir. Tapi saya tidak menambahkan gula pasir karena nanti rasanya akan manis dari ari cappuccino-nya.

2.      Setelah mendidih, masukkan air jelly ke wadah dan diamkan jelly cincau sampai mengeras. Boleh dimasukkan ke kulkas agar membantu lebih cepat mengeras jelly-nya.

3.      Campur kopi cappuccino dengan sedikit air panas dan aduk sampai gulanya larut. Tambahkan kental manis, susu full cream, dan air matang. Aduk semuanya sampai tercampur rata.

4.      Serut jelly dengan menggunakan garpu sampai menjadi potongan kecil-kecil, atau bisa juga dipotong menggunakan pisau. Mana saja yang sesuai selera.

5.      Cara menyajikan Es Cincau Cappucino: Siapkan wadah, masukkan jelly cincau dan es batu, lalu tambahkan air cappucinonya. Es Cincau Cappucino pun siap dinikmati.

Selamat mencoba!

resep es cincau cappucino


Monday, April 25, 2022

Resep Choco Chips Praktis Tanpa Oven

 

Tidak terasa, Ramadhan sudah masuk 10 hari terakhir saja. Suasana menjelang Idl Fitri sudah terasa, salah satunya dengan bertaburannya kue-kue lebaran di status whatsapp, hehe. Ada status tentang saling mengirim kue lebaran, ada status yang jualan kue lebaran, dan juga status tentang bikin-bikin sendiri kue lebaran.  


resep choco chips tanpa oven


Saya juga tak mau ketinggalan dong. Alhamdulillah dapat rejeki dan sudah kirim-kirim kue lebaran ke rumah kakak dan adik. Tinggal menunggu suami cuti kerja untuk selanjutnya kita mudik. Biasanya saya tidak membuat kue lebaran, karena selain tak punya oven juga biasanya selalu menghabiskan waktu lebaran dengan mudik ke kampung halaman. Tapi karena masih ada waktu sebelum mudik dan anak-anak sudah libur sekolah, maka kita mengisi waktu 10 hari terakhir Ramadhan selain dengan beribadah juga bersenang-senang bersama anak dengan membuat kue lebaran.

Sekarang banyak banget bertebaran di internet tentang resep kue lebaran tanpa oven yang praktis. Akhirnya kita mencoba satu resep kue tanpa oven dengan disesuaikan bahannya sesuai yang ada di rumah. Kita membuat Choco Chips yang sudah pasti disukai anak-anak karena rasa cokelatnya yang dominan. Yuk, simak resep Choco Chips ala keluarga kami yang dimasak tanpa oven dan dengan menggunakan takaran sendok yang anti ribet.

Ini dia bahan-bahannya:

  • 15 sdm tepung terigu (sekitar 150 gram tepung terigu)
  • 5 sdm gula halus
  • 5 sdm mentega
  • 3 sdm cokelat bubuk (atau 1 bungkus minuman cokelat instan)
  • Chocolate chips secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campurkan mentega dan gula halus di wadah. Gula halusnya boleh disaring dulu agar tidak berbutir. Aduk keduanya di wadah sampai tercampur rata. 
    resep choco chips tanpa oven

  2. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan gula halus dan mentega. Tepung terigu juga boleh disaring dulu agar tidak ada yang berbutir. Aduk semuanya sampai semua adonan tercampur rata.
    resep choco chips tanpa oven

  3. Tambahkan cokelat bubuk pada adonan, aduk kembali sampai tercampur rata dan adonan dapat dibentuk.
  4. Bentuk bulat-bulat sebesar biji kelereng lalu taruh di wadah datar, lalu pipihkan menggunakan garpu dan beri toping chocolate chips sesuai selera. Lakukan tahapan ini sampai semua adonannya habis. 
  5. Oh ya, bisa juga dengan mencampur Chocolate chips dengan adonan, lalu dibentuk bulat-bulat dan dipipihkan menggunakan tangan, jadi tidak perlu ditekan dengan garpu. Yang mana saja proses membentuk kuenya, terserah sesuai selera saja. Yang pasti, jangan terlalu tebal ya saat memipihkannya atau membentuk kue Choco Chipsnya.
  6. Taruh kue di pengukus bagian atas lalu panggang kue Choco Chips di pengukus tanpa menggunakan air selama 30 menit dengan api paling kecil biar tidak gosong. Oh ya, pengukusnya sebelumnya dipanaskan dulu ya. 
    resep choco chips tanpa oven

  7. Setelah 30 menit, matikan api kompor, lalu taruh kue Choco Chips di wadah dan biarkan dingin terlebih dulu. 
    resep choco chips tanpa oven

  8. Setelah dingin, baru deh masukkan kue Choco Chips di toples dan sajikan.

Seru loh bikin Choco Chips bareng anak-anak, pada rebutan pengen bikin bola-bola cokelatnya lalu memipihkan adonan kuenya dan memberinya toping Chocolate chips. Ada juga yang pengen nyicipin chocolate chipsnya aja, hehe. Membuatnya pun praktis tak perlu ditimbang-timbang, cukup pakai sendok sebagai alat takarannya.

Oh ya, resep Choco Chips ini jadinya 1 toples kecil ya sekitar 250 gram. Buat hantaran juga oke nih, tinggal dikemas dengan kemasan yang cantik dan diberi kartu ucapan. Selamat mencoba!

Tuesday, April 12, 2022

Resep Ayam Goreng Yang Jadi Penyemangat Anak Berpuasa


 “Nak ayam goreng, nak ayam goreng!”

Masih ingat di benak saya teriakan anak-anak saat kecil kalau dimasakin ayam goreng, menirukan tokoh kartun Upin dan Ipin kesukaan mereka. Ya, rasanya hampir semua anak suka makan ayam goreng, termasuk anak-anak saya. Sampai sekarang bertambah besar, ayam goreng tetap jadi menu juara. Di Bulan Suci Ramadhan ini, ayam goreng jadi penyemangat mereka berpuasa.

Ayam goreng banyak macamnya. Berikut ini saya akan share dua resep ayam goreng yang sering dibuat di rumah dan jadi menu yang disukai anak saat berbuka puasa maupun sahur.

Ayam Goreng Tepung

Tidak aneh sih menu ayam goreng tepung, karena bisa dibeli dengan mudah di restoran fast food baik yang terkenal maupun yang merupakan industri rumahan. Rasanya dua-duanya enak dengan kerenyahan saat digigit dan kelembutan daging ayam di dalamnya. Namun untuk menghemat biaya, kita juga bisa bikin ayam goreng tepung di rumah untuk keluarga.

ayam goreng tepung


Bahan-bahan:

  • 500 gram ayam
  • 1 buah telur
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam, lalu balur dengan bubuk bawang putih dan garam. Diamkan selama beberapa saat.
  2. Pecahkan telur di mangkuk dan aduk-aduk sampai merata. Di wadah lain, campur tepung beras dan tepung terigu.
  3. Celupkan ayam ke telur lalu gulingkan ayam ke adonan tepung sampai terbalur semuanya. Jika ingin lapisan kulitnya tebal, gulingkan lagi ayam ke telur lalu ke tepung. Jangan lupa diremas-remas agar semua adonan tepungnya menempel.
  4. Panaskan minyak dan goreng ayam sampai kuning kecokelatan di kedua sisinya.
  5. Hidangkan ayam selagi hangat sebagai lauk pendamping nasi.

Mudah kan membuatnya? Yuk, coba buat ayam goreng tepung sendiri di rumah. Memang agak merepotkan sih karena harus melalui beberapa proses, tapi kelebihannya jadi bisa lebih hemat dan bisa membuat lebih banyak ayam goreng tepung. Ayam goreng tepung juga bisa disimpan sebagian untuk stok sahur.

Oh ya, karena tidak diungkep terlebih dulu, disarankan tidak memotong ayam terlalu besar karena khawatir ayam tidak matang. Dalam proses menggoreng pun, gunakanlah api sedang agar ayam matang secara merata.

Ayam Goreng Ala Chef Devina Hermawan

Resep ayam goreng ini saya recook dari resep ayam gorengnya Chef Devina Hermawan di channel youtubenya. Namun saya sesuaikan dengan bahan dan bumbu yang ada di rumah. Yuk, simak resepnya.

ayam goreng chef devina


Bahan-bahan:

  • 500 gram ayam
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm cuka
  • 1 sdm tepung tapioka

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam
  2. Masukkan ayam ke wadah, tuangkan bawang putih bubuk, garam, cuka dan tepung tapioka ke wadah berisi ayam.
  3. Aduk-aduk sampai merata dan biarkan beberapa saat.
  4. Panaskan minyak dan goreng ayam sampai matang dan berwarna kecokelatan di kedua sisi. Hati-hati saat menggoreng karena biasanya minyak menciprat, wajan bisa ditutup jika takut terkena minyak panas.
  5. Gunakan api sedang ketika menggoreng ayam agar ayam matang secara merata.
  6. Sajikan ayam sebagai lauk pendamping nasi.

Resep ayam goreng ini mudah sekali kan membuatnya. Ayam goreng ala Chef Devina Hermawan ini enak sekali loh. Ada rasa manis dan renyah di kulitnya. Sepertinya halnya resep ayam goreng tepung di atas, untuk membuat ayam goreng ala Chef Devina Hermawan ini tidak diungkep terlebih dulu, jadi disarankan tidak memotong ayam terlalu besar karena khawatir ayam tidak akan matang sempurna.

Selamat mencoba!

Thursday, April 7, 2022

Menu Serba Buah Favorit Keluarga Saat Buka Puasa

 

 

Alhamdulillah, kita semua masih dipertemukan dengan Bulan Ramadaan di tahun 2022 ini. Bulan suci ini selalu dinantikan oleh umat Islam karena penuh berbagai keistimewaannya. Pada bulan ini penuh dengan keberkahan, bulan diampuninya dosa-dosa, bulan diturunkannya Alquran, dikabulkannya doa, diturunkannya Lailatul Qadar, dan keistimewaan lainnya.

 

Tentu saja, selain itu hidangan khas Ramadan juga jadi yang dinanti-nanti terutama saat berbuka puasa. Ya, waktu berbuka puasa itu penuh dengan kebahagiaan karena sudah berhasil menahan hawa nafsu sampai Magrib tiba. Juga bahagia karena akan menikmati hidangan istimewa yang biasanya hanya ada di Bulan Ramadan.

 

Kami sendiri paling suka berbuka puasa dengan menu serba buah. Makan buah saat buka puasa bisa mengembalikan cairan, energy serta elektrolit yang hilang. Karena buah merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin dan mineral.

 

Berikut ini adalah menu serba buah favorit keluarga kami saat buka puasa. Setiap harinya berganti-ganti menu serba buah biar tidak bosan.

 

  1. Kurma

Kurma jadi menu yang wajib ada di setiap Ramadan. Kurma dikenal makanan terbaik untuk buka puasa karena kaya serat, protein dan mineral. Kalori dalam kurma juga membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

Kurma dimakan begitu saja sudah nikmat dan menyehatkan. Tapi bisa juga dicoba nih cara lain menikmati kurma. Belah kurma menjadi dua, tapi jangan sampai putus ya. Lalu letakkan keju yang sudah dipotong kotak di tengah kurma. Kurma Keju pun siap disajikan. Rasa manis dari kurma dan gurih asin dari keju jadi perpaduan rasa yang nikmat untuk buka puasa.

 

kurma

  1. Salad buah

Ini menu buah favorit anak-anak. Rasanya segar sekali. Ini resep Salad Buah andalan keluarga kami.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan seperti papaya, melon, semangka, dan lain-lain sesuai selera.
  • Yogurt kental tanpa rasa atau mayones (pilih salah satu)
  • Kental manis
  • Keju parut

Cara membuat:

  • Potong buah-buahan berbentuk kotak atau sesuai selera, masukkan ke wadah.
  • Tuangkan yogurt/mayones dan kental manis ke wadah berisi buah, lalu aduk.
  • Beri taburan keju parut
  • Salad buah siap dinikmati

 

salad buah

  1. Sop Buah

Menu sop buah yang biasanya kami buat cukup praktis. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan sesuai selera, misalnya melon, semangka, papaya, alpukat, dan lain-lain
  • Nata de coco
  • Biji selasih
  • Sirup cocopandan
  • Kental manis
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Potong buah-buahan berbentuk kotak lalu taruh di wadah.
  • Tambahkan air, sirup, kental manis dan biji selasih.
  • Aduk sop buah sampai semua bahan tercampur rata
  • Tambahkan es batu jika suka atau simpan di kulkas agar dingin
  • Sop buah siap disajikan

sop buah

 

  1. Jus Buah

Jus buah bisa dijadikan menu buka puasa yang tak kalah menyegarkan. Banyak pilihan buah yang bisa dibuat jus, seperti semangka, jeruk, melon, jambu merah, strawberry, pisang, naga, dan sebagainya. Salah satu kombinasi jus yang sangat kami sukai adalah jus pisang dan strawberry. Rasa manis dari pisang dan asam dari strawberry jadi kombinasi yang pas dan menyegarkan.

jus buah


  1. Buah potong

Buah yang Cuma dipotong pun sangat nikmat dinikmati saat buka puasa. Biasanya buah yang banyak airnya jadi pilihan yang sangat segar untuk berbuka puasa, seperti buah semangka, melon, jeruk, buah naga, dan lain-lain. Selain itu, tentu saja praktis dan sudah pasti sehat karena tanpa tambahan gula tambahan.

buah semangka


Bagaimana dengan teman-teman, menu buah apa yang jadi favorit saat buka puasa?

Saturday, April 2, 2022

Masak Sahur Hari Pertama Ramadan 2022

 

Saya sebenarnya termasuk orang yang senang merencanakan segalanya, termasuk merencanakan berbagai menu yang akan dimasak. Tetapi  seringkali keadaan membuat perencanaan itu tak berjalan mulus. Misalnya karena cape atau tak ada ide atau halangan lainnya, seringkali menu yang akan dimasak tercetus begitu saja sesaat sebelum masak. 


Sahur pertama di Bulan Ramadan 2022 ini saya tak mencatat dan merencanakan menu-menu yang akan dimasak, cuma browsing aja kira-kura menu apa yang mudah dan praktis untuk sahur. Di sahur pertama ini sayangnya bahan makanan di kulkas tidak sesuai harapan, karena pesanan sayur saya sebagian ketinggalan di tukang sayur langganan. Jadilah saya harus memutar otak untuk memasak sesuai bahan yang ada saja. Dan inilah menu sahur pertama di Bulan Ramadhan kali ini. 


Telur Orak Arik Wortel


Ada sisa wortel sedikit dari membuat sup sayur kemarin-kemarin, saya campur untuk membuat telur orak arik. Pertama-tama, saya menumis bawang bombai menggunakan margarin sampai harum. Lalu masukkan wortel dan aduk  sebentar, kemudian masukkan telur dan kaldu bubuk. Aduk orak arik dan masak sampai matang. Untuk wortel bisa diganti sayuran lain atau daging lain, seperti sawi, tomat, sosis, bakso, dan sebagainya. 

orak arik telur



Mie Goreng 


Ini mie goreng instan biasa. Biasanya kalau ada mie, Anak-anak lebih semangat makannya. Gak perlu banyak, satu bungkus aja buat rame-rame, hehe, kan ada lauk lain juga. 


Mie direbius dengan sawi hijau, lalu dicampur dengan bumbu dan sajikan. Praktis banget, kan udah ada bumbunya. Sayurnya bisa diganti kol, toge dan sebagainya. 


Labu rebus


Labu rebus itu comfort food menurut saya. Kalau makan labu rebus atau sayuran rebus lainnya bikin perut nyaman banget. Buat sahur cocok banget biar perutnya nyaman. Sayuran lain yang bisa direbus contohnya wortel. 


Gulai Belut Sisa makan malam


Sisa makan malam boleh juga disajikan lagi, siapa tau masih ada yang berminat. InshaAllah masih aman dimakan jika sebelumnya disimpan di kulkas. Bisa juga dimasak kembali jadi menu baru. Tapi kalau repot, ya panaskan saja lagi, sajikan dan makan sampai habis biar tidak mubazir. 


Nah, bagaimana dengan anda? Apa menu sahur pertama di Ramadan kali ini? Share yuk di kolom komentar.  

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...